Monday, February 18, 2030

Daftar Wisata Alam Air Terjun di Ungaran

Bagi Anda yang suka dengan wisata Alam, Ungaran merupaka pilihan yang tepat untuk melampiaskan hobi ataupun kesenangan anda. Dikota ini terdapat banyak sekali tempat wisata alam, salah satu jenis Wisata Alam yang banya terdapat di kota Ungaran adalah Wisata Alam Air Terjun. adapun Daftar Wisata Alam Air Terjun yang ada di Kota Ungaran Kabupaten Semarang adalah Sebagai Berikut :


Curug Lawe dan Curug Benowo



Terletak tidak jauh dari pusat kota Semarang tepatnya di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Masih dalam kawasan kebun cengkih milik PT. Zanzibar

Peta dan Koordinat GPS: 7°9'37"S   110°21'17"E


Aksesbilitas
Berjarak 12 km dari kota Semarang atau 7 km dari kota Ungaran.  Dari Ungaran (alun-alun) mengambil arah ke Mapagan melalui jalan tembus ke Boja.   Sesampainya di Boja ambil belokan ke kiri di desa Sumur Gunung yang ternyata juga tidak terlalu jauh dari kampus Unnes sekarang Gunung Pati.  Kondisi jalan dari Ungaran ke desa Kalisidi sudah beraspal.  Selanjutnya dari pertigaan Sumur Gunung tersebut diteruskan ke arah selatan hingga perkebunan cengkeh zanzibar sekitar 3 kilometeran dengan kondisi jalan makadam menanjak dengan kemiringan bervariasi antara 25-45 persen.  Sesampai di perkebunan ini bagi yang membawa kendaraan dapat memarkirkan kendaraannya di dekat geust house.

Jarak dari tempat parkir ke dua curug lumayan jauh sekitar 30 menit berjalan kaki dengan kondisi  jalan setapak yang relatif datar, hanya sedikit terdapat tanjakan yang tidak berarti.  Ada dua jalur menuju ke sana yaitu jalur lama dan jalur baru.  Jika melewati jalur lama akan melewati saluran dan jembatan irigasi denga sisi kiri adalah jurang yang sangat curam.  Sedangkan jika menggunakan jalur baru akan melewati Sendang Pengantin kemudian turun ke arah bendungan melewati pinggiran sungai.

Setelah itu kira-kira 10 menit dari bendungan akan ditemui 2 percabangan, kiri menuju Curug Lawe dan kanan menuju Curug Benowo, tapi sekarang ada jalan tembus langsung dari dan ke dua curug tersebut tanpa kembali ke percabangan semula.



Air Terjun Semirang
 



Terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS: 7°9'59"S   110°22'51"E

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 7 km dari kantor Bupati Semarang atau sekitar 30 menit.  Untuk mencapai lokasi ini, dari kota Ungaran dipertigaan Hotel Ungaran Cantik (di jalan raya Semarang - Solo) masuk ke Stikes Ngudi Waluyo lalu naik ke kanan ke arah gunung.  Selanjutnya selepas persawahan akan ditemui jalan yang terjal mendaki (yang berarti telah sampai ke kaki gunung).  Diperlukan kehati- hatian  walaupun jalannya cukup halus.

Setelah melewati beberapa dusun, akan sampai di tempat parkir di depan makam Desa Gogik.  Tempat parkir ini sangat sederhana karena sebenarnya hanya merupakan lahan penduduk yang dipagari dan dijaga oleh karang taruna.

Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang menanjak sekitar 500 m menuju pintu gerbang dengan menyusuri sebuah sungai kecil yang sebenarnya ujung dari sungai ini adalah di air terjun.

Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor masih dimungkinkan melaju hingga pintu gerbang ini namun harus ekstra hati-hati karena jalan berupa makadam dan sebagian masih tanah yang licin.

Dan akhirnya dari pintu gerbang perjalanan untuk mencapai  Air Terjun Semirang dilakukan dengan berjalan kaki mendaki jalan setapak sepanjang kurang lebih 1 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Tiket dan Parkir
Biaya parkir motor Rp. 2.000,- / motor
Biaya parkir mobil Rp. 5.000,- / mobil
Biaya Tiket masuk Rp. 5.000,- / orang

Fasilitas dan Akomodasi
Tersedia pos peristirahatan untuk melepas lelah, dan juga warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.



Air Terjun Tujuh Bidadari





Terletak di Dusun Keseneng, Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.


Aksesbilitas
Berjarak tempuh sekitar 20 menit berkendara dengan mobil pribadi atau roda dua dari kota Semarang hingga Dusun Keseneng dengan kondisi akses jalan yang mulus, berliku dan sempit.

Jika dari kota Ambarawa ambil jalan menuju arah Bandungan.  Selanjutnya dari Bandungan ambil jalan ke arah barat melewati sebuah pertigaan pasar.  Lalu dari pertigaan ini ambil jalan lurus.  Dan akhirnya akan ditemui di kiri jalan terdapat papan petunjuk arah menuju air terjun, ikuti papan petunjuk tersebut hingga tiba di lokasi air terjun.

Selanjutnya dari dusun tersebut dibutuhkan waktu sekitar 5 menit menuju tempat parkir.  Sayangnnya, selepas dusun akses jalan memang masih berupa batu dan tanah.  Dan akhirnya dari tempat parkir hanya dibutuhkan 200 langkah kaki orang dewasa (kurang lebih 300 m jauhnya) untuk sampai ke lokasi air terjun berada.

Fasilitas dan Akomodasi
Belum adanya papan informasi menuju kesana, sehingga harus banyak bertanya kepada penduduk sekitar.  Selain itu fasilitas lain belum tersedia seperti tempat parkir resmi.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp. 2000 per orang dan parkir Rp. 1000 per kendaraan roda dua.



Air Terjun Umbul Songo




Terletak di komplek wana wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.


Peta dan Koordinat GPS: 7°23'49"S   110°25'17"E 

Aksesbilitas
Berjarak sekitar 15 km dari kota Salatiga, 34 km dari kota Ungaran, 54 km dari kota Semarang. Sedangkan dari arah barat melalui kota Magelang berjarak 23 km.  Untuk menuju kesana dari kota Magelang ambil arah ke kanan lewat terminal bus induk magelang (terminal Canguk), terus ke utara. Sesampainya di pertigaan lampu merah ambil kanan.  Setelah itu melewati jembatan sungai Elo.  Jalan terus kurang lebih 45 menit hingga tiba di depan pintu gerbang lokasi wisata Kopeng berada.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum jika berangkat dari Semarang, naik bis jurusan Solo dengan biaya 6 ribu dan turun di Pasar Sapi (Salatiga). setelah itu dilanjutkan dengan naik bis kecil dan turun di belokan pintu masuk obyek wisata Umbul Songo dengan biaya 2 ribu. Dari belokann ini diteruskan dengan berjalan kaki hingga pintu gerbang masuk Umbul Songo.

Untuk bisa sampai di lokasi air terjun hanya butuh waktu setengah jam berjalan kaki dari gerbang masuk.  Kondisi jalan menuju ke arah air terjun ini sebagian berupa jalan setapak menanjak yang licin bila selepas hujan.  Sebenarnya banyak penduduk lokal yang menawarkan jasa naik kuda jika tidak ingin kepayahan mendaki tanjakan dengan tarif Rp 20.000, namun tetap saja harus berjalan kaki untuk bisa masuk lebih dalam ke pelosok hutan.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang.

Fasilitas dan Akomodasi
Fasilitas di lokasi ini cukup lengkap seperti adanya area parkir yang luas, taman bermain, musholla, kamar mandi dan bumi perkemahan.  Juga ada kolam renang bagi yang ingin berenang.

Disini banyak tersedia akomodasi dengan villa-villa yang dilengkapi fasilitas TV dan air panas, ruang pertemuan, ruang makan, bahkan dapur.  Bahkan jika ingin berhemat  bisa menginap di rumah-rumah penduduk yang memasang tarif Rp20.000-Rp30.000 semalam.



Air Terjun Kali Pancur




Terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah.


Peta dan Koordinat GPS: 7°22'34"S   110°25'42"E


Aksesbilitas
Berjarak sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.  Akses ke air terjun ini relatif mudah dengan mengambil arah ke jurusan Kota Magelang lewat Kopeng.  Tiga km sebelum Kopeng ada penunjuk arah untuk belok ke kanan menuju air terjun.  Ikuti jalan tersebut hingga tiba di pintu gerbang lokasi air terjun.  Meski jalanan tergolong cukup baik, tetapi rute dari Salatiga menuju Desa Nogosaren lebih banyak didominasi tanjakan

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Pasar Sapi Salatiga naik angkutan desa ke arah Kopeng atau elf jurusan Magelang via Kopeng. Turun di pertigaan di Desa Wates, Kecamatan Getasan, selanjutnya dari sini harus berjalan kaki sekitar 4 km atau naik ojek hingga pintu gerbang karena tidak tersedia kendaraan umum.

Dan akhirnya dari pintu gerbang perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni bukit sejauh 900 meter, melewati anak tangga dari beton hingga ke air terjun.



Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 2000 per orang.

Wisata Lain
Mata Air Blondo, sering dipake kumkum para anggota kejawen untuk kegiatan lelaku.

Danau Rawa Pening

Prasasti Ngrawan


Mau Cari

Apartement  di Ungaran dsk DISINI

Resort di Ungaran dsk DISINI

Tempat Transit di Ungaran dsk DISINI

Guest House di Ungaran dsk DISINI


sumber : google.com

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Wisata Kolam Renang di Ungaran