Saturday, February 16, 2030

Wisata Budaya Eksotis Di Wana Wisata Penggaron Kab Semarang yang jarang diketahui

Wanawisata Penggaron - Mungkin banyak yang sudah tau tentang wana wisata penggaron di daerah susukan kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. sekitar 2 km dari pusat Kota Ungaran atau sekitar 18 km arah Selatan Kota Semarang. Tempat tersebut merupakan wisata alam yang eksotis dan salah satu hutan binaan Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata, Benih dan Usaha Lain (KBM WBU I) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah. Masyarakat sekitar Semarang biasa memanfaatkan Wana Wisata Penggaron ini untuk berbagai aktivitas. Mulai dari olah raga, jungle tracking, outbound training, latihan SAR dan Pramuka, rekreasi, hingga penelitian dan kepentingan ilmu pengetahuan lainnya.



Wana wisata Penggaron juga merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan kota, Wanawisata Penggaron juga memiliki koleksi hidupan liar yang beraneka ragam terutama burung yang cukup banyak dan menarik. SBC mencatat setidaknya ada 97 spesies yang terdapat dalam wanawisata tersebut. Dengan beberapa spesies yang menarik seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Potensi berupa keanekaragaman jenis burung di dalamnya serta jalur migrasi raptor dari belahan bumi utara tersebut, diharapkan mampu membuat Wana Wisata Penggaron bukan hanya dikenal sebagai hutan wisata yang biasa saja, namun juga mampu menjadi ekoeduwisata (wisata alam yang berwawasan lingkungan dan pendidikan).

Selain keindahan alam dan keanekaragaman jenis spesies liar yang ada disana, Ternyata di wilayah Wana Wisata tersebut juga terdapat wisata budaya kerajinan batik tulis yang terkenal sampai seluruh penjuru negeri. Wisata budaya pelestarian kerajinan batik tersebut di pelopori oleh Adisty. 


Berawal dengan ke eksotisan hutan penggaron yang mengispirasinya dan dengan kelincahan tangannya menciptakan corak batik yang khas. Beliau mengeksplor flora yang ada di alas Penggaron seperti pinus, cemara, mahoni, bunga kasturi, lompong dan yang lainnya ke dalam corak batik. 


Dengan Inspirasi dan hasil karyanya yang terkenal yaitu "Batik Motif Alas Penggaron" membuat Adisty menjadi produsen Batik tulis manual konvensional, tidak ada Tehnologi dalam proses produksinya. Hanya menekankan Skill pembatiknya yang membutuhkan kesabaran, ketelatenan, konsisten dalam pengerjaan. 




Workshop Adisty batik di Wana Wisata Penggaron dapat dijadikan referensi anda apabila ingin berlibur menghilangkan kepenatan dan carut marut suasana kota, karena workshop yang asri dalam nuansa Joglo Jawa yang kental. Selain itu Kita juga disambut senyum ramah yang bikin nyess.



Lokasi Wana Wisata Penggaron:

GPS Waypoint: 7°6?54.52?S (Latitude) 110°25?14.16?E (Longitude)
Google Map Refference ( -7.115145,110.4206)
Adisty Batik
Alamat : Jl. Panjaitan 112-A Wana Wisata Alas Penggaron Ungaran Semarang
Telepon : (024) 70786485 || No. HP. 081325023585

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Daftar Wisata Kolam Renang di Ungaran